7/04/14

TIPS RAWAT KERACUNAN MAKANAN DENGAN KAEDAH TRADISIONAL


Tips Menangani Kes Keracunan Makanan di Rumah

Masalah keracunan makanan ada kalanya terjadi pada seseorang, dan menyebabkan sakit perut atau mual dan muntah. Bila terlambat ditangani, penderita bisa masuk rumah sakit dan mengalami hal yang tak diinginkan.

Karena itu penanganan secepatnya harus dilakukan begitu terasa gejala tak nyaman usai memakan makanan tersebut, agar efek dari keracunan makanan tidak makin parah. Berikut adalah tips mengatasi keracunan makanan dengan memakai bahan makanan alami yang ada di rumah, seperti dilansir oleh situs Boldsky:

Teh hitam. Asam tannic yang terdapat pada teh hitam adalah salah satu obat bagi keracunan makanan. Minum satu cangkir teh hitam bila Anda merasa sakit perut karena bakteri penyebab keracunan makanan.
Jahe. Konsumsi air jahe hangat, atau campurkan jahe dalam secangkir teh yang Anda konsumsi. Ini bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat keracunan makanan. Jahe adalah antibiotik alami yang manjur.
Air putih. Minum banyak air putih untuk menetralisir pengaruh racun dalam makanan Anda, dan untuk mempercepat proses pembersihan perut.
Lemon. Anda bisa menambahkan perasan air lemon dalam air putih yang Anda konsumsi. Pada lemon ada banyak kandungan asam yang berguna untuk membunuh bakteri di perut yang jadi penyebab keracunan makanan.
Daun basil. Basil bermanfaat menyembuhkan infeksi dan gangguan di perut.
Pepermin. Sama seperti daun basil, daun pepermin juga baik untuk menyembuhkan infeksi di perut.
Gula pasir. Konsumsi air gula bermanfaat untuk menambah energi pada pasien keracunan makanan. Biasanya pasien akan merasa lemas dan kehabisan energi bila mengalami kejadian tersebut.
Yogurt. Yogurt bersifat menetralisir pengaruh keracunan, juga menjadi antiseptik. Ia dapat membunuh bakteri jahat yang menyebabkan keracunan.
Cuka apel. Satu sendok cuka apel pun dapat membantu meringankan gejala keracunan yang Anda alami.



Diserang sakit perut akibat keracunan boleh berlaku pada bila-bila masa sahaja. Paling tidak selesa apabila diserang sakit perut ketika sedang nyenyak tidur di tengah malam. Tentu sahaja sukar untuk anda pergi ke klinik bagi mendapatkan rawatan. Namun, sakit perut akibat keracunan makanan boleh juga dirawat menggunakan bahan semula jadi yang ada di rumah anda.

Lidah buaya

Selain daripada kaya dengan vitamin E, jus lidah buaya dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam badan. Racun akibat makanan ini akan dibawa keluar dari badan, kemudian bahagian yang terjangkit disembuhkan oleh jus lidah buaya.

Delima

Delima merah dikatakan boleh mengatasi masalah cirit-birit yang disebabkan keracunan makanan.

Daun peppermint

Daun yang berasa segar dan pedas ini memang sedap dimakan bersama mihun sup atau teh panas. Pepermint juga boleh menjadi ubat jangkitan perut yang disebabkan keracunan makanan.

Lemon

Semua orang seeloknya menyimpan buah lemon dalam peti sejuk masing-masing. Lemon terkenal banyak khasiatnya termasuk membunuh bakteria jahat dalam perut yang membuatkan cirit-birit.

Yogurt

Yogurt yang berkrim juga adalah anti septik terbaik untuk perut yang dijangkiti bakteria. Masalah pencernaan dapat diselamatkan dengan bertambahnya bakteria baik yang diperoleh apabila makan yogurt.

Share this

0 Comment to "TIPS RAWAT KERACUNAN MAKANAN DENGAN KAEDAH TRADISIONAL"

Catat Ulasan